SUKSES CARI KERJA KURANG DARI SEBULAN ALA SUKSES INDONESIA
Tanggal Posting : Jumat, 16 Oktober 2015 | 14:06
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 314 Kali
SUKSES CARI KERJA KURANG DARI SEBULAN ALA SUKSES INDONESIA
Ilustrasi Para Pencari Kerja

Jakarta, SUKSESINDONESIA.COM - Banyak orang mengatakan jika mencari kerja di zaman sekarang ‎tidak lah mudah. Namun bila Anda tahu caranya, karier baru bisa didapatkan dalam waktu satu bulan bahkan kurang. Selain CV serta resume yang terlihat menjanjikan, rencana melamar yang matang juga perlu dipersiapkan.

Pastikan pula jika Anda memiliki koneksi yang luas sehingga banyak informasi lowongan. Apa lagi yang perlu dilakukan agar mendapatkan kerja dalam waktu singkat? Berikut enam tipsnya:

1. Spesifik

Dilansir Refinery 29, hal pertama yang dibutuhkan untuk cepat dapat kerja adalah mengetahui karier impian Anda secara spesifik. Cari tahu dengan pasti kategori perusahaan dan pekerjaan seperti apa yang diinginkan. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah mendapat informasi lowongan. Biasanya berbagai situs atau media sosial profesional akan mencarikan lowongan berdasarkan kategori yang Anda pilih. Untuk itu, jangan asal menentukan kategori.

2. Buat Rencana Matang

Sudah sering melamar kerja namun belum juga dipanggil wawancara? Mungkin Anda kurang matang dalam perencanaannya. Agar cepat dapat kerja, Anda perlu memiliki strategi. Misalnya dalam melakukan riset terhadap posisi yang akan Anda lamar, memperbarui CV, serta memperluas pengalaman.

Disarankan agar Anda menyempatkan waktu setiap hari untuk menyempurnakan strategi mencari kerja tersebut. ‎Mungkin akan ada saat di mana Anda merasa bosan atau putus asa ketika belum juga dapat panggilan. Untuk itu, selingi hari-hari dengan melakukan kegiatan menyenangkan sehingga tidak stres.

3. Bikin Catatan

Bagi Anda yang sudah sangat butuh kerjaan, pasti sangat bersemangat dalam mengirim lamaran. Biasanya surat tersebut dikirim ke banyak perusahaan, bukan? Hati-hati dalam melakukannya, jangan sampai Anda sampai mengirim berulang kali ke satu perusahaan.

Untuk itu, catat dengan baik kantor mana saja yang sudah Anda kirim lamaran. Jika dipanggil untuk wawancara, tandai juga tanggalnya di kalender Anda. Tulis pula keterangan-keterangan penting lainnya seperti kontak HRD atau manajer perusahaan. Selain agar lebih terorganisir, hal ini dapat membuat Anda merasa semangat.

4. Cari dari Koneksi

‎Jangan hanya mencari lowongan di internet. Manfaatkan pula teman, kenalan, saudara, bahkan mantan rekan kerja untuk mendapat informasi karier agar Anda cepat dapat kerja. Namun pastikan jika Anda memintanya secara halus. Disarankan agar Anda mendekati mereka dengan percakapan ringan sambil menunjukkan ketertarikan di bidang tersebut dari pada langsung meminta kerja.

5. Follow Up

Mengirim lamaran dan dipanggil wawancara adalah ‎langkah permulaan. Melakukan follow up membuat Anda selangkah lebih maju untuk cepat dapat kerja. Membalas email dengan proaktif merupakan salah satu caranya. Namun pastikan Anda tidak meneror pihak perusahaan dengan mengirim email ketika tidak diminta.

Lakukan lah yang sesuatu yang menunjukkan jika Anda orang yang profesional. Misalnya dengan mengirim ucapan terima kasih setelah wawancara agar Anda diingat perekrut.

6. Bersikap Terbuka

Sebelumnya Anda memang dianjurkan untuk mencari kerja sesuai dengan impian. Agar cepat dapat kerja, ada baiknya pula untuk bersikap terbuka. Jika ada panggilan kerja yang sebenarnya tidak dicita-citakan namun tampak potensial, sebaiknya terima saja. Siapa tahu karier tersebut merupakan jodoh Anda yang dapat menghasilkan kesuksesan atau membawa pada pekerjaan impian sesungguhnya.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

Belum ada berita