SAYA LUWU SAYA BACHRIANTO BACHTIAR
Tanggal Posting : Rabu, 3 Agustus 2016 | 18:56
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 882 Kali
SAYA LUWU SAYA BACHRIANTO BACHTIAR
BAKAL CALON BUPATI LUWU PERIODE 2018 - 2023

SUKSESINDONESIA - JIKA jabatan publik adalah sebuah arena guna membumikan semua pengetahuan serta gagasan mengenai perubahan sosial, maka Bachrianto Bachtiar adalah sosok yang mendedikasikan dirinya untuk itu. Sebagai akademisi yang sarat pengalaman riset sekaligus seorang praktisi pemberdayaan social, keikutsertaan lelaki yang akrab disapa Anto pada ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) langsung Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, merupakan bagian nyata dari kerja-kerja idealis yang kerap dilakukannya sejak masih mahasiswa hingga sekarang.

Terlahir sebagai putra Luwu pasangan H. Bachtiar dan Andi Syamsiah Binti Andi Sangga, Anto sadar bahwa tanggung jawabnya tidaklah ringan. Ia menyadari begitu banyak pejabat publik yang telah terjerat kasus korupsi, banyak pula yang menjadikan jabatan publik hanya sebagai arena guna memperkaya diri sendiri, keluarga, bahkan partai yang menaunginya. Bahkan ada yang ingin menggenggam kekuasaan demi keagungan dan sebuah kebanggaan diri. Tapi Anto beda. ia ingin meniti jalan yang berbeda. Ia mau menorehkan sejarah sebagai kepala daerah yang berbuat sesuatu dengan beragam manfaat yang bisa dinikmati khayalak luas. Anto berhasrat menempati posisi istimewa di hati semua warga Luwu tanpa terkecuali.

Jalan terjal menuju pembumian gagasan-gagasan telah lama dilakoninya. Sejak masih berstatus mahasiswa di kampus merah, Universitas Hasanuddin (Unhas) Anto sudah melakoni banyak aktivitas di berbagai organisasi kemahasiswaan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ujung Pandang periode 1990-1991. Ia membangun networking yang luas, dan memberikan begitu banyak kontribusi pemikiran saat masih menjabat sebagai salah satu pemimpin organisasi mahassiwa Islam terbesar di Indonesia di Makassar.

Calon Bupati Luwu Periode 2018 - 2023

Ketertarikannya pada dunia gagasan-gagasan telah membawa jejak langkahnya untuk melanjutkan pendidikan program magister di Institut Pertanian Bogor (IPB) hingga lanjut program doctoral di Universtas Brawijaya, Malang. Ia memperkaya dirinya dengan beragam kecakapan dan pengetahuan guna menguatkan masyarakat.

Saat memilih berkarier sebagai akademisi di Universitas Hasanuddin, Makassar, Anto meniatkan dirinya untuk membantu membuka kesadaran banyak orang mengenai hakekat perubahan. Sebagai seorang akademisi, ia dikenal dekat dengan semua mahasiswanya bahkan hingga lintas fakultas. Ia tak berniat membangun jarak, melainkan menumbuhkan relasi sebagai sahabat dengan semua orang termasuk mahasiswanya, sepanjang masih dalam koridor silaturahmi dan saling belajar.

Bergerak di dunia wacana akademis dan memantik kesadaran kaum muda dirasakannya tidak memadai. Ia kemudian ikut dalam berbagai gerakan transformasi sosial melalui sejumlah organisasi masyarakat sipil yang didirikannya. Ia ingin menggabungkan aktivitas riset akademis dan praksis emansipatoris sebagai dua sisi koin yang saling melengkapi. Dengan wawasan dan kecakapan yang mumpuni, ia yakin bisa memberi kontribusi besar di berbagai gerakan transformasi sosial, khususnya pada ranah lingkungan yang selama ini sudah menjadi concern-nya.

Pada tahun 2001 – 2005, Anto menjadi Sekretaris Eksekutif dari Koalisi Ornop untuk Hutan (Konstan) yang tak hanya berkontribusi pada revitalisasi hutan masyarakat, tapi juga bagaimana memberdayakan masyarakat di tepian hutan. Selanjutnya tahun 2003 - 2008, ia menjadi Coordinator di Sulawesi Networking for Natural Resources Management (Pulsa Celebes) yang bertujuan untuk membangun jaringan kemitraan guna menjaga sumberdaya ekologis. Kemudian ia mendirikan Participatory Local Social Development Indonesia Institute (PLSD), dan sebagai Coordinator pada Sulawesi Community Foundation (SCF).

Pada pribadi seorang Anto terdapat kombinasi yang unik. Ia akademisi sekaligus praktisi gerakan social kemasyarakatan. Ia kerap kali menjadi konsultan pembangunan di beberapa daerah. Beberapa rekam jejak Anto masih bisa kita lihat di berbagai program pembangunan yang bertujuan untuk memberdayakan dan melindungi kepentingan masyarakat luas. Keahliannya terentang begitu luas, mulai dari kawasan hutan dan pegunungan, hingga kawasan pesisir dan kelautan. Di semua ranah itu, Anto bisa dikata mempunyai kontribusi besar, baik pada bidang riset hingga di ranah praksis emansipatoris.

Calon Bupati Kab Luwu Periode 2018 - 2023

Sekian lama mengukir jejak di berbagai ranah, Anto kemudian menyadari bahwa dirinya harus memberikan kontribusi untuk kampung halamannya sendiri. Ia punya tanggung jawab besar guna mengukir sejarah sekaligus membumikan semua ide-idenya untuk tanah Luwu yang akselerasi pembangunannya musti terus digerakkan. Ia percaya dan yakin bahwa niat baik serta hasrat membangun tidaklah cukup. Ia mesti memiliki kewenangan yang memadai untuk sekadar menjadi dirigen saat proses perubahan social di kampung halamannya, Kabupaten Luwu.

Anto menyusun langkah-langkah dan program-program untuk menggapai semua mimpinya untuk tanah Luwu. Ia memfasilitasi pembangunan sebagai proses pembebasan, lalu memposisikan manusia sebagai subyek yang akan mengalami dan harus merasakan hasil pembangunan. Dinamika antara manusia dan sumberdaya ekologis seakan menjadi dua kepak sayap yang akan menerbangkan Luwu menjadi kabupaten yang terdepan. Ia menyusun sejumlah program unggulan yang digali dari pemetaan potensi yang benar, kemudian merancang strategi budaya yang dinamis untuk sebuah perubahan besar.

Memang, jalan yang dihadapi tidaklah mulus. Jika kelak menjadi kepala daerah, ia pasti akan menghadapi birokratis yang berbelit, sistem yang terlanjur mapan, serta dinamika politik yang kerap kali tidak mencerahkan. Tapi pengalaman dan pengetahuan Anto merupakan mercusuar yang akan membawanya keluar dari berbagai perangkap persoalan, dan kemudian menjadikan tanah Luwu sebagai tanah impian yang memayungi warganya dengan kesejahteraan dan kemakmuran.

Semoga cita-cita Anto akan terwujud.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait