RATUSAN JUTA DARI MANISNYA ES PISANG IJO ASAL MAKASSAR
Tanggal Posting : Sabtu, 24 Oktober 2015 | 10:17
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 705 Kali
RATUSAN JUTA DARI MANISNYA ES PISANG IJO ASAL MAKASSAR
ES PISANG IJO KHAS MAKASSAR

SUKSESINDONESIA.COM - Berbagai usaha ia jalani , jatuh bangun dalam usaha sering dialami. Akhirnya camilan khas makassar pisang ijo lah yang mengantarkannnya meraih sukses. Rasa manisnya mampu membuat siapapun ketagihan untuk menyantapnya. Mampu pula mengantarkan seorang wanita muda meraih sukses. Pisang ijo makanan khas makassar ini membawa Rizka Rahmatiana menjadi pengusaha sukses. Berikut kisah inspirasi dari pengusaha muda Rizka Rahmatiana

Latar Belakang Berbisnis Pisang Ijo

Awalnya Rizka tidak mengetahui makanan seperti apa Pisang ijo itu ? Ia memilih usaha pisang ijo karena kebetulan. Waktu itu Rizka pernah buka usaha cafe gagal, buka usaha camilan gagal, buka usaha minuman juga gagal. Ketika rizka makan dirumah makan makassar, ada menu dessert yang ketika ia makan rasanya enak. Sejak saat itu, Rizka berniat mengembangkan usaha pisang ijo dengan inovasi berbagai macam rasa.

ES PISANG IJO KHAS MAKASSAR

Selama 6 tahun menggeluti usaha ini, Berbagai penghargaan telah diraih oleh wanita berusia 28 tahun ini. Salah satunya yang paling bergengsi, Rizka terpilih sebagai pemenang Ernest Young winning woman 2012 dari lembaga terkemuka ernest and young inggris. Rizka meniti usaha ini ketika ia menjadi mahasiswa di fakultas ilmu komunikasi di Universitas Padjadjaran Bandung saat ia berusia 21 tahun dengan modal awal Rp 150.000. Kini Rizka meraup untung hingga ratusan juta setiap bulannnya.

Pengembangan Bisnis Dari Bisnis Makanan Asal Makassar

Agar virus wirausaha menyebar, Rizka pun mewaralabakan usahanya. Kini Usaha Pisang Ijonya tak hanya mempunyai cabang di Bandung saja, Namun ada lebih dari 300 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Awalnya Pisang Ijo ini punya cabang sendiri 23 cabang. Kemudian Rizka berinsiatif untuk mewaralabakan guna membangun jaringan-jaringan pemasaran yang luas. Jadi kalau misalnya Rizka buka di kalimantan, papua atau sulawesi, Rizka tak perlu harus ada disana, harus survei lama disana. Makanya diwaralabakan atau difranchise kan.

riezka-rahmatia-sukses-berkat-es-pisang-ijo

Konsistensi dan kesuksesan Rizka dalam dunia usaha membuat faidah satriana tertarik untuk bermitra. Sebagai seorang pegawai negeri, ia pun ingin belajar berwirausaha. Tujuan Faidah, adalah untuk mendapatkan mental usaha, untuk kemudian belajar, untuk belajar berjualan kemudian menambah silaturahmi, menambah teman, menambah persahabatan dengan francishor.

Untuk Mitra, Rizka tak sembarangan bekerjasama ada prosedur dan seleksi dalam memiih pewaralaba.

  • Dia harus mempunyai jiwa entrepreneur
  • Harus bisa mengontrol dan melaporkan hasil usahanya pada manajemen kalau tidak mampu, tidak di acc.

Tak hanya pisang ijo, Rizka juga menambah inovasi makanannnya salah satunya camilan yang diadaptasi dari negeri sakura, takoyaki dan dorayaki.

Kini Rizka sudah memiliki rumah produksi sekaligus kantor di daerah margo ayu soekarno hatta bandung. Dibantu 23 pegawai, rizka tak ragu untuk terjun langsung ditiap seluk beluk bisnisnya. Setiap pagi rapat di gelar untuk memperkokoh bidang usaha, juga untuk mengontrol dan mempersolid tim kerja. Rizka juga tak lupa mengontrol mutu produk. Karena baginya kepuasan pelanggan adalah kepuasannnya, semua produknya dibuat tanpa bahan pengawet.

riezka-rahmatia-sukses-berkat-es-pisang-ijo

Meraup Untung Dari Bisnis Makanan Pisang Ijo asal Makassar , Tak hanya berwirausaha untuk dirinya sendiri dia juga membagi ilmunya untuk orang lain terutama mahasiswa, baginya level mahasiswa adalah usia ideal untuk membangun usaha.

Rizka mengatakan ”Memulai usaha dari kecil, dari modal kecil, bahkan dari tanpa modalpun, bisa. Dan hal itu yang saya sharing secara free pada mahasiswa dan saya juga membuka bisnis forum kepada seluruh mahasiswa pengusaha yang ada di Bandung”. Rizka menciptakan sistem kerja sama dan berbagi omset penjualan untuk pelaku usaha kecil menengah dan mahasiswa.

Tak hanya berbagi ilmu ia juga kerap memberikan fasilitas operasional yang dapat menunjang usaha dan semua diberikan gratis. Manfaat itu dirasakan betul oleh Ori Imanuel. Ori Imanuel bergabung dengan rizka karena melihat potensi dari usaha pisang ijo bandung yang masih baru dan mempunyai targat pasar lumayan banyak. Alasan lainnya Ia ingin menambah pengalaman juga , karena hal ini pengalaman pertama juga bagi imanuel.

Giat dalam berwirausaha dan berhasil meraih suskses tak lantas membuat Rizka lupa daratan. Ia juga peduli akan pendidikan bagi anak yatim. Diwaktu senggangnya, dalam waktu satu kali seminggu, ia membagikan berbagai ilmu pada anak yatim dan anak jalanan. Tujuannnya adalah untuk menanamkan ilmu wirausaha sejak dini . Rizka juga membuka cakrawala anak-anak lewat pelajaran bahasa inggris dan bahasa arab.

Menjadi pengusaha tak membuatnya lupa kodrat sebagai wanita. Dikaruniai dua orang anak, ia tetap menjalankan kewajibannnya sebagai ibu rumah tangga. Berinteraksi dengan keluarga, terutama dengan suami dan anak, bisa menjadi obat mustajab menghilangkan penat.

Rzka menuturkan “dalam berbisnis, seseorang harus fokus dan konsisten karena semua usaha harus berproses, kalau mau besar juga harus berproses, tapi kuncinya harus fokus dan konsisten”.

Bagaimana siap usaha pisang ijo, dan Meraup Untung Dari Bisnis Makanan Pisang Ijo asal Makassar?

Usaha Anda juga ingin diliput ? Kontak kami di email: abdi.hendra20@gmail.com. Sukses Buat Pelaku UKM Indonesia.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait