Pengembangan Ekonomi Digital Siap Bantu Majukan Petani Di Daerah
Tanggal Posting : Minggu, 29 Oktober 2017 | 19:00
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 96 Kali
Pengembangan Ekonomi Digital Siap Bantu Majukan Petani Di Daerah

SUKSESINDONESIA - Ada 5 aplikasi anak bangsa yang dibuat khusus untuk membantu para petani dan pelaku UMKM di Indonesia. Kelima aplikasi tersebut seperti Petani, TaniHub, LimaKilo, PantauHarga, dan sebuah ekosistem UMKM berbasis online yaitu Nurnaya Initiative.

Dalam hal ini, industri digital khususnya di Indonesia sebenarnya sedanga berada di tahap fase berkembang. Ada banyak aplikasi serta layanan digital yang dibuat kemudian menghilang selama kurun waktu 10 tahun ke belakang. 

Guna menjaga ekosistem digital di Indonesia, sangat perlu peran banyak pihak, salah satunya adalah campur tangan pemerintah. Pemerintah dalam hal ini baik tingkat daerah maupun pusat sebaiknya mulai menunjukkan sikap proaktif dalam mendukung industri kreatif dan digital anak-anak muda.

Khusus untuk platform yang berguna untuk membantu petani dan pelaku UMKM, Pemerintah daerah sebaiknya meminta jajaran SKPD dan lembaga terkait agar memanfaatkan potensi teknologi yang ada saat sekarang ini guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani beserta para pelaku usaha UMKM di daerahnya. Hal ini mutlak dilakukan karena potensi pasar Indonesia dinilai bisa menjadi fondasi untuk menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Dan berikut review aplikasi lokal buatan dalam negeri.

1. Aplikasi ’Petani’

’Petani’ adalah sebuah layanan informasi yang update dan khusus membahas permasalahan serta solusi di bidang pertanian, sebuah forum online untuk para petani yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Dengan aplikasi berbasis ponsel ini, petani di daerah bisa memperoleh informasi, misalnya tempat penjualan alat-alat pertanian, info seputar pelatihan bagi petani, serta berita seputar agrobisnis.

review-ulasan-aplikasi-petani-di-google-play-store

Tak hanya itu, fitur Toko juga sengaja dimasukkan di Apps Petani agar memperluas pangsa pasar petani di daerah. Tujuannya jelas, untuk mengaktivasi eCommerce di bidang pertanian sebagai yang pertama di Indonesia yang menghubungkan secara langsung dengan para petani.

Kemudian fitur Lapor Pupuk digunakan untuk mengupdate harga pupuk dengan lokasi penjualan dimana saja di Indonesia. Fitur terakhir yang keren adalah Fitur Lapor Panen.

2. Aplikasi TaniHub

e-Commerce TaniHub adalah layanan pendistribusiaan untuk hasil pertanian serta hasil perkebunan dari daerah ke kota.

Layanan TaniHub telah diujicobakan di Cianjur dengan penggunanya adalah petani di daerah tersebut dan sudah dikemas kemudian didistribusikan ke wilayah Ibukota Jakarta dan sekitarnya dengan sistem delivery dan melayani pesanan minimal 1 kilo, keren kan!

review-ulasan-aplikasi-tanihub-di-google-play-store

3. Aplikasi LimaKilo

Berikutnya adalah Apps LimaKilo yang merupakan e-commerce yang memungkinkan para petani di daerah dapat langsung menjual hasil panennya ke siapa saja yang diinginkan sekaligus dengan harga yang sangat kompetitif.

Aplikasi ini pun telah diujicobakan kala melayani distribusi hasil panen petani yang ada di daerah ke kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

review-ulasan-aplikasi-limakilo-di-google-play-store

4. Apps PantauHarga

Aplikasi Pantau Harga berikutnya adalah sebuah layanan market yang dikhususkan bagi petani jika ingin melakukan proses tawar-menawar hasil panen. Aplikasi ini memberi gambaran sebuah transaksi jual beli dengan perusahaan bahan baku misalnya pupuk, dll dengan petani atau penjualan hasil panen petani ke perusahaan atau konsumen akhir.

Platform ’Pantau Harga’ juga memungkinkan pemantauan harga dilakukan oleh petani, karena di aplikasi ini sudah dimasukkan database harga dan lain-lain yang dapat menjadi acuan bagi petani dan perusahaan.

review-ulasan-aplikasi-pantauharga-di-google-play-store

5. Ekosistem Nurbaya Initiatives

Terakhir adalah Nurbaya Initiatives sebuah platform digital yang diprentukkan bagi pelaku ekonomi rakyat misalnya petani dan pelaku UMKM.

review-ulasan-aplikasi-ekosistem-nurbaya-initiative-di-google-play-store

Pelaku usaha rakyat di ekosistem ini dapat membuat platform hasil panennya yang ingin dijual dan memperoleh dukungan penuh dari Tim Nurbaya Initiatives, seperti penyiapan awal hingga melatih kemampuan menjual petani dan pelaku UMKM. Bagusnya lagi, ekosistem digital ini menggunakan layanan yang bersifat One stop Service bagi.

Itulah beberapa review e-commerce yang dibuat khusus untuk para petani dan pelaku UMKM di daerah. Pada akhirnya, pengembangan ekonomi digital sebenarnya sangat bisa membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya pelaku usaha UMKM dan petani. Apalagi para penggiat startup sudah dapat mengembangkan channel antara sistem platform logistik dunia usaha dengan produk-produk yang banyak di desa-desa. Salam!

Hendra Abdi
CEO PT. DIGITAL TEKNOLOGI INFOMEDIA




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait