Pembangunan Yang Berkesinambungan Dan Merata Di Segala Bidang Kunci Keberhasilan Judas Amir
Tanggal Posting : Senin, 1 Mei 2017 | 11:57
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 450 Kali
Pembangunan Yang Berkesinambungan Dan Merata Di Segala Bidang Kunci Keberhasilan Judas Amir

KOTAPALOPO - Kepemimpinan memegang peranan penting dalam memajukan suatu daerah, kota maupun pemerintahan. Seiring bergulirnya waktu, Kota Palopo yang telah menapaki usia ke-3 tahun di bawah kepemimpinan Walikota HM Judas Amir, mencatat sejumlah pencapaian dan penghargaan hingga hampir 200 penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional berhasil diraih.

Kota Palopo dalam kurun 3 tahun terakhir dibawah kepemimpinan Judas Amir memang terus bergeliat dengan maraknya pembangunan. Banyak kalangan menganggapnya telah berhasil membawa kemajuan dan perubahan yang sangat nyata dan di nikmati seluruh masyarakat kota Palopo di bawah pemerintahan beliau.

walikota-palopo-menerima-piala-adipura

Tidaklah mengherankan, karena sejak awal, tujuan utama kepemimpinan Judas Amir sebagai Walikota Palopo adalah terus membangun dengan penuh ketulusan hati berdasar konsep Destinasi dan City Branding Kota Palopo semakin maju dan sejahtera dengan karya nyatanya

Judas Amir memang patut diapresiasi sebagai sosok pemimpin handal dan layak dijadikan panutan dalam hidup bermasyarakat dimanapun beliau berada. Judas berhasil merancang lompatan-lompatan yang besar dan menyukseskan program-program yang sifatnya menyentuh kebutuhan langsung masyarakat di Palopo sehingga kepemimpinan beliau telah banyak meraih penghargaan baik di tingkat lokal, maupun nasional.

Bahkan di kurun waktu 1 tahun saja atau tepatnya pada 2015, Judas Amir sudah mengumpulkan penghargaan hingga 132 penghargaan. Pencapaian Bapak Judas Amir selama memimpin kota Palopo selama ini tentu tak melupakan dr. Hj. Utia Sari selaku istri bersama anaknya, Farid Kasim Judas, SH. MSi dan segenap jajarannya di lingkup dinas Pemkot Palopo.

walikota-palopo-tinjau-pembangunan-jalan-lingkar

Kerja kerasnya mendapat pengakuan dari berbagai organisasi, tokoh agama, gubernur dan masyarakat, termasuk pemerintah pusat melalui presiden dan beberapa kementerian memuji kepemimpinan Judas Amir dalam memajukan Kota Palopo, seperti; 

  1. Penghargaan SwastiSaba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-49 tahun 2013 di Jakarta.
  2. Penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia tahun 2013.
  3. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) di bidang Pengarustamaan Gender dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak tahun 2014.
  4. Penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) sub bidang Pengelolaan Drainase dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, tahun 2015.
  5. Penghargaan Indonesian Digital Society Award (IDSA) dari Kementerian Komunikasi dan informatika tahun 2015.
  6. Penghargaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Award dari Kementerian Kesehatan, September 2015.
  7. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Presiden Republik Indonesia pada Hari Keluarga Nasional, Agustus 2015.
  8. Penghargaan Program Pelayanan Kesehatan Gratis dari Gubernur Sulawesi Selatan pada HUT Provinsi Sulawesi Selatan ke-345 tahun 2014.
  9. Penghargaan Program Pelayanan Kesehatan Gratis dari Gubernur Sulawesi Selatan pada Hari Kesehatan Nasional ke-50 tahun 2014.
  10. Penghargaan Akselerasi Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak dari Gubernur Sulawesi Selatan, tahun 2014.
  11. Meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian ( WDP ) atas Laporan Pengelolaan keunagna dan aset daerah , Tahun 2015.
  12. Penghargaan Nasional Anugerah Adipura, Tahun 2015
  13. Penghargaan Nasional Kota Sehat Tahun 2015.
  14. Penghargaan atas kinerja yang tinggi sebagai penyelenggara penerimaan siswa baru secara online mandiri dari Gubernur Sulawesi Selatan , Tahun 2015.
  15. Penghargaan atas kinerja sebagai wilayah tuntas tuna aksara dari Gubernur sulawesi Selatan , 2015
  16. Penghargaan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) atas Laporan Keuangan Pemerintah tahun 2015
  17. Plus 5 besar MTQ Sulsel di kabupaten Barru thn 2016.
  18. Penghargaan kategori pemberdayaan ekonomi lokal dan kategori layanan kesehatan, Fajar Institute of Pro Otonomi (FIPO) Awards 2016
  19. Dll

walikota-palopo-judas-amir-raih-penghargaan-nasional

Yang paling terbaru adalah keberhasilan di bidang pendidikan, saat Kota Palopo mendapat penilaian peringkat pertama tingkat provinsi dari 24 kabupaten/kota di Sulsel yang 100 persen siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajar 2016/2017 tingkat SMP, mengalahkan Makassar yang hanya 60% pada Februari 2017 kemarin.

Kemudian, Penghargaan Wahana Tata Nugraha (WNT) untuk kategori lalu lintas dan angkutan darat yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI, Pudji Hartanto di Hotel Merlyn Park Jakarta, Selasa 31 Januari 2017. Penilaiannya adalah keberhasilan Pak Judas Amir dalam program pembangunan di bidang transportasi yang dapat mewujudkan rasa aman, tertib, dan lancar dalam berlalu-lintas di kota Palopo.

walikota-palopo-lakukan-inspeksi-mendadak

Tak hanya itu, melalui komitmennya dalam mendorong terwujudnya sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean goverment), Pemerintahan Judas Amir sukses meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2015. Penghargaan ini menunjukkan komitmen bebas korupsi dalam pemerintahan beliau saat ini.

Hebatnya lagi, pengelolaan terhadap sistem keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palopo dijadikan model percontohan terhadap sistem keuangan dana BOS untuk seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan karena dinilai sangat valid berdasar dari Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

judas-amir-raih-penghargaan-wtp

Sementara untuk pembangunan Prasarana fisik menunjukkan kemajuan, semakin hari makin mantap (infrastruktur jalan, trotoar, irigasi, drainase, dan jembatan). Realisasi pelaksanaan proyek pembangunan 60 ruas jalan di Kota Palopo sudah mencapai 100 persen di tahun 2016 lalu. Termasuk infrastruktur penunjang lain seperti jalan di 9 kecamatan, 49 kelurahan. Pembangunan irigasi meliputi di Murante, Padang Lambe, Mawa, dan di Sumarambu. Dan penyelesaian pembangunan kantor Wali Kota Palopo, kantor Dinas Perhubungan, kantor Panitia Pengawas Pemilu, kantor Kecamatan Wara Timur, yang beberapa waktu silam dibakar sudah hampir rampung dbangun. Hal ini menjadi bukti jika Walikota Palopo, Bapak Judas Amir benar-benar ingin meningkatkan sarana prasarana atau infrastruktur kota Palopo yang lebih memadai.

walikota-palopo-tinjau-pembangunan-jalan-lingkar

Di bidang kesehatan, Pemkot Palopo melakukan program kesehatan gratis menyeluruh dengan sistem menanggung seluruh warganya untuk mendapatkan pelayanan BPJS Kelas III. 

Program yang dicetuskan oleh Judas ini tercatat baru di Kota Palopo yang terapkan dari seluruh kabupaten/kota se Indonesia. Beberapa yang sudah terapkan, tetapi untuk tingkat propinsi, yakni Propinsi DKI Jakarta dan Aceh.

Program ini juga tidak membeda-bedakan status masyarakat, bahkan semua warga kota palopo yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan KK Sebagai Warga Kota Palopo, berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis baik itu warga yang mampu atau tidak mampu.

walikota-palopo-maju-sebagai-walikota-palopo

Selain di bidang kesehatan, Wali Kota Palopo juga memberikan perhatian besar terhadap warganya yang kurang mampu. Salah satu bentuk perhatiannya adalah dengan menggelontorkan sejumlah bantuan yang dikhususkan untuk warga miskin atau kurang mampu. Bantuan tersebut diantaranya bantuan beras miskin (raskin), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Program Keluarga Harapan (PKH), dan bantuan sosial lainnya yang diperuntukkan kepada warga miskin.

walikota-palopo-program-sentuh-orang-miskin

Tak hanya itu, yang paling gres di Bidang Transformasi Informasi. Judas yang memang tipe konseptor, melihat tantangan dan perubahan zaman yang mengharuskan perlunya menguasai teknologi informasi dan komunikasi, serta pentingnya kecepatan dan ketepatan dalam menyebarkan informasi, meluncurkan Ratona TV sebagai Stasiun televisi milik Pemkot Palopo, yang mulai mengudara sejak Kamis, 30/03/2017 dan bisa disaksikan melalui frekuensi 52 UHF atau di chanel TV Kabel. 

Dengan adanya Ratona TV, Jajarannya mampu mengupdate informasi segera dan disebarluaskan kepada publik. Targetnya adalah memberikan keterbukaan informasi mengenai perkembangan di kota Palopo secara cepat dan tepat. Ratona TV sebagai TV Lokal yang pengoperasiannya dilakukan oleh Bagian Humas, dianggapnya memiliki kelebihan untuk menggali segala potensi dan permasalahan mengenai Kota Palopo.

judas-amir-luncurkan-ratona-tv

Ratona TV mempunyai kemampuan dan porsi lebih dibandingkan TV nasional mengenal Palopo. Dengan Ratona TV, masyarakat dapat memberi peran serta untuk mengenalkan beragam aspek kehidupan Kota Palopo. Misalnya, mengenai kebudayaan, wisata, kuliner, tempat nongkrong yang asyik dan kondisi sosial masyarakat kota Palopo sendiri. Gambaran ini sulit dilakukan secara keseluruhan dengan TV nasional, dan Ratona TV memiliki kelebihan untuk melakukan city branding ini. Dengan adanya siaran mengenai aspek kehidupan warga Kota Palopo ini, diharapkan timbul sebuah umpan balik, tak hanya keluh kesah yang didapat, namun juga alternatif pemecahannya.

judas-amir-resmikan-ratona-tv

Berbagai prestasi dan kesuksesan serta suasana kemasyarakatan yang makin kondusif di Kota Palopo, secara umum mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, sosial ekonomi, hingga aspek keamanan membuat hasil riset yang dilakukan Lembaga Survey Sawerigading Riset Center (SRC) pada periode Januari 2017, mencatat 94 persen masyarakat di Kota Palopo puas dan menilai jika Bapak Judas Amir beserta jajarannya telah berhasil dalam melakukan pembangunan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Pembagiannya yaitu, 73 persen responden menilai kondisi jalan saat ini di Kota Palopo sangat baik, 21,25 persen responden menilai sangat baik dan hanya 0,25 persen menilai sangat buruk.

Sebagai seorang pengusaha, politisi senior nan visioner yang kegemarannya membaca dan berolahraga, plus disiplin ilmu dari Sekolah Tinggi Ilmu Politik dan Kemasyarakatan 17 Agustus 1945 Ujungpandang, dilanjutkan program Magister Ilmu Hukum Program Pascasarjana di Universitas Muslim Indonesia, Bapak Judas Amir yang mempunyai segudang pengalaman di pemerintahan sejak tahun 1975 patut diakui telah membuat pembangunan di Kota Palopo berlangsung secara berkesinambungan dan merata disegala bidang. Ini bisa terlaksana karena manajemen yang baik dan terarah melalui para kepala SKPD, serta ditunjang suasana kota yang kondusif.

judas-amir-walikota-palopo-2018

Dengan berbagai capaian spektakuler yang telah diraih, Pak Judas tak pernah lelah menghimbau kepada segenap jajarannya untuk terus menjaga, memelihara dan meningkatkan kinerja demi kesejahteraan hidup seluruh masyarakat kota Palopo. Dengan partisipasi aktif dan pengalaman-pengalaman yang telah memberikan kontribusi nyata dan berhasil membawa pemerintahan dan pembangunan di Kota Palopo semakin maju pesat melebihi daerah-daerah lain yang ada di Sulawesi Selatan menjadi kebanggan bersama dan motivasi bagi Bapak Judas Amir untuk terus memajukan Kota Palopo. Salam.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait