Mencari Penulis Berkualitas Untuk Website Perusahaan Anda
Tanggal Posting : Jumat, 15 Desember 2017 | 22:10
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 131 Kali
Mencari Penulis Berkualitas Untuk Website Perusahaan Anda

SUKSESINDONESIA - Tidak semua perusahaan menulis artikel dan mengupdate websitenya sendiri. Kadang, karena pemiliknya tidak ada waktu, karena web nya sudah terlalu besar, atau bisa jadi karena perusahaan tidak mempunyai orang yang mempunyai kemampuan menulis, sehingga perusahaan butuh yang seorang content writer yang lebih ahli.

Tapi mencari penulis lepas tidak bisa sembarangan. Kesuksesan promosi perusahaan via web dipengaruhi hampir 100% oleh kontennya. Web anda bisa dipastikan akan gagal kalau penulis yang anda rekrut ternyata tidak bisa membuat konten berkualitas dan sesuai ekspektasi.

Maka dari itulah, sebuah perusahaan sangat butuh jasa penulisan artikel atau update konten website.

Menggunakan jasa penulis memang butuh biaya, tapi biaya ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan waktu yang bisa anda hemat jika ingin menulis artikel dan mengupdate konten di website sendiri. Selain itu, biayanya juga lebih murah daripada menggaji sebuah karyawan yang khusus menangani konten promosi perusahaan via website.

Berapa sih upah rata-rata untuk penulis artikel lepas? Biasanya perusahaan tidak mau mengeluarkan uang banyak untuk membayar jasa freelance content writer. Ini bahaya…

Baca Juga: Freelance SEO Content Writer Di Era Digital

Memang pada kenyataannya ada penulis yang upahnya sangat rendah, bahkan pernah saya dapati beberapa teman penulis di Makassar rela dibayar Rp. 500rb untuk 90 artikel tanpa menghitung jumlah kata dalam artikel.

Tapi ini masalahnya! Jika bayarannya rendah, kualitasnya bisa jadi kacau...

Freelance content writer seperti ini biasanya content writer yang butuh uang santai. Mereka kadang malas atau tidak mau menghabiskan banyak waktu dalam melakukan riset sebagai bahan tulisan, sehingga isi artikelnya jadi ngawur.

Coba saja dihitung:

Kalau misalnya 90 artikel dibayar Rp. 500.000, berarti jika si penulis mau mendapatkan penghasilan Rp. 3 juta per bulan, maka penulis itu dipastikan harus membuat 540 artikel dalam 30 hari! Jadi, penulis itu harus kejar setoran. Yang penting cepat, kualitas nomor sekian.

Oleh sebab itu, pesan saya: Kalau anda tidak mau mengeluarkan modal, jangan cari penulis. Sebaiknya tulis dan update sendiri web anda. Lebih baik punya sedikit artikel yang berkualitas daripada banyak artikel tapi hampir semuanya tidak layak.

Jadi, berapa upah yang layak bgi seorang freelance content writer? Sebetulnya tergantung. Kalau artikel yang anda inginkan banyak riset, data maka harganya pasti lebih mahal. Tapi jika artikelnya yang ringan-ringan saja isinya, ya lebih murah.

Dan berdasarkan pengalaman pribadi saya, MINIMAL biaya yang harus anda keluarkan untuk mendapatkan penulis yang layak adalah 1jt untuk 50 artikel (Rp. 20rb per artikel dengan jumlah kata yang tidak dibuat batasan, dan telah melalui riset, data dan fakta yang ada)

Tapi, sekali lagi, tergantung… bisa juga lebih murah.

Tertarik menggunakan jasa seorang freelance content writer???? Call me now 082187783610 (Tlp/SMS/WA) atau email abdi.hendra20@gmail.com




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait