Lolai, Wisata Di Atas Awan Toraja
Tanggal Posting : Sabtu, 4 Februari 2017 | 10:39
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 277 Kali
Lolai, Wisata Di Atas Awan Toraja

SUKSESINDONESIA - Toraja memang selalu punya cerita. Edisi kali ini ada sebuah objek wisata di puncak perbukitan yang menawarkan pemandangan yang super duper cantik, kampung Lolai namanya.

Lolai atau biasa disebut Lembang Mamulu adalah sebuah perkampungan yang terdapat di Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara. Saking tingginya tempat ini, Lolai seakan traveler berada di Negeri tepat di atas awan.

lolai-wisata-negeri-di-atas-awan-toraja-utara

Julukan Negeri di atas awan diberikan oleh pengunjung atau turis yang telah berkunjung ke sini. traveler akan disuguhi gulungan awan putih tampak bergulung mengelilingi kampung.

Fenomena sunrise menjadi sajian atraksi tersendiri dari kampung Lolai. Saat sang fajar muncul dari balik awan, super cantik dengan semburat jingga yang terpantul di awan, Amazing!

lolai-wisata-di-negeri-di-atas-awan-toraja-utara

Bagi traveler yang ingin mendapatkan momen tersebut, penting untuk dicatat jadwal sang surya keluar menampakan diri, yaitu sekitar pukul 05.30 WITA. Para traveler yang berhasrat mengabadikan momen ini sebaiknya mulai berdatangan pukul 05.00 WITA atau lebih baik lagi jika menginap di malam sebelumnya.

Saat Matahari perlahan-lahan keluar dari singgasananya, saat itulah terjadi pertunjukan perubahan cahaya. Bias jingga akan berganti menjadi semburat kekuning-kuningan. Hawa dingin lambat laun terasa menjadi sejuk. Ini yang buat traveler makin betah berada di Lolai, Negeri di Atas Awan.

lolai-negeri-di-atas-awan-toraja-utara

Jika waktu semakin siang, dan matahari semakin tinggi, jangan bergeser dulu, karena kabut justru akan menyelimuti perkampungan. Fenomena ini akan berlangsung sampai pukul 10.00 WITA.

Di lokasi wisata di puncak bukit terdapat 2 tongkonan serta 3 alang atau lumbung yang bisa menjadi tempat tinggal hingga 3 keluarga. Warung-warung kecil banyak tersedia dan berderet rapi yang dibuat sengaja menghadap ke timur, membuat wisatawan dapat menikmati sunrise dengan leluasa. Bagi penikmat kopi, secangkir kopi Toraja akan menambah kenikmatan liburan anda bersama keluarga di Lolai, Negeri di Atas Awan.

Masyarakat sekitar sepakat untuk menjadikan Kampung Lolai sebagai destinasi wisata sunrise, sehingga lokasi tanah di sekitar tongkonan boleh digunakan untuk kegiatan berkemah. Saking populernya tempat ini, saat ini sedang dibangun vip room dan fasilitas outbond. Rombongan turis yang berkunjung ke sini jadinya tak hanya akan menikmati sunrise tapi juga bisa sekalian bermain sambil menikmati suasana Lolai.

Sekadar informasi, jarak yang harus traveler tempuh sekitar 1 jam dari ibukota Rantepao Toraja Utara. Namun, yang harus diperhatikan yaitu akses menuju objek wisata ini cukup sulit dengan trek yang dilalui cukup curam.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait