Keren! Air Mancur Sri Baduga, Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara
Tanggal Posting : Minggu, 19 Februari 2017 | 10:33
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 286 Kali
Keren! Air Mancur Sri Baduga, Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

SUKSESINDONESIA - Sabtu (18/2/2017), Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga Purwakarta, Jawa Barat. Air mancur yang diklaim sebagai terbesar di Asia Tenggara ini menjadi ikon pariwisata Purwakarta berikutnya yang sudah lebih dulu dikenal sebagai kota dengan destinasi 1.000 taman.

Menpar Arief Yahya memberi apresiasi Pemkab Purwakarta yang telah mendesain taman yang indah lengkap dengan atraksi berupa air mancur dan pertunjukan kesenian. “Taman ini rencananya dioperasikan tiap malam minggu pada jam-jam pertunjukan pukul 19.30, 21.00 dan 22.00 WIB. Fasilitas ini boleh diknikmati masyarakat secara gratis. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran persnya.

wisata-air-mancur-taman-sri-baduga-di-kota-purwakarta

Air Mancur Taman Sri Baduga berada di kawasan Situ Buleud, dan merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang telah dibangun sejak tahun 2013 dan diresmikaan tahap pertama di Januari 2014. Dengan diresmikannya Taman Sri Baduga, menjadi pelengkap dari taman-taman yang sudah lebih duluan dibangun di Kota Purwakarta, mulai dari yang tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan konsep taman modern seperti Taman Wakuncar.

wisata-air-mancur-taman-sri-baduga-di-purwakarta-jawa-barat

Air Mancur Taman Sri Baduga dihiasi dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung dibuat dengan posisi duduk dengan kaki bersila bersama bunga lotus besar. Di sekeliling patung dipasangi dua ribu semprotan air mancur yang seakan menari mengikuti irama musik ditambah ornamen pewayangan. Sangat menarik bagi traveler yang hobi berfoto selfie karena telah terdapat boot selain fasilitas air yang siap untuk langsung diminum.

wisata-air-mancur-taman-sri-baduga-purwakarta

Air Mancur Taman Sri Baduga pada setiap malam minggu dimeriahkan dengan beragam pertunjukan kesenian berupa drama tari, musik dan budaya. Dengan ditambah keindahan air mancur, akan memberi rasa damai, tenang, dan nyaman bagi para pengunjung. Adanya perpaduan yang luar biasa dari musik, tata cahaya lampu, dan air mancur terasa sangat pas dan memanjakan diri untuk tidak beranjak.

wisata-air-mancur-taman-sri-baduga-di-kota-purwakarta-jabar

Pembangunan Air Mancur Sri Baduga Dalam Tiga Tahapan

Air Mancur Sri Baduga dibangun dalam tiga tahapan. Tahap pertama dan kedua sudah selesai dan membuat air mancur Sri Baduga terkenal, bahkan hingga ke negeri tetangga. "Nantinya, akan ada penambahan kursi di sekeliling air mancur, dan beberapa penambahan ornamen yang dijamin sangat indah," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

wisata-air-mancur-taman-sri-baduga-purwakarta

Traveling ke Purwakarta! 

Purwakarta adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berdekatan dengan Karawang, Cianjur, dan Subang. Menuju ke Purwakarta sangat gampang. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi tinggal masuk ke Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Jatiluhur atau Sadang. Namun, bagi yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa pilihan. Bus, travel, atau kereta sedia akan mengantar wisatawan.

Khusus yang berangkat dari Bandung, wisatawan bisa naik bis travel dari Baltos atau Pasteur Rp30.000, menumpang bis Garut/Tasik-Bekasi atau Bandung-Bekasi dengan ongkos Rp.22.000, atau naik kereta Padalarang-Cibatu. Jika pergi dari Jakarta, pengunjung bisa naik bis travel dari Cawang, kereta, atau bus.

Nah, selamat menjelajahi Purwakarta!




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait