Kenali 7 Destinasi Wisata Yang Ada di 7 Uang Kertas Baru Indonesia
Tanggal Posting : Selasa, 20 Desember 2016 | 10:48
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 228 Kali
Kenali 7 Destinasi Wisata Yang Ada di 7 Uang Kertas Baru Indonesia

SUKSESINDONESIA - Bertepatan Hari Bela Negara Indonesia, kemarin, BI telah menerbitkan 11 desain terbaik uang rupiah baru. 7 pecahan tersebut terinspirasi dari berbagai destinasi wisata Indonesia.

Dari total 11 desain uang rupiah baru, 7 diantaranya merupakan pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang rupiah logam. Tak hanya menampilkan wajah pahlawan Indonesia, turut juga disertakan 7 destinasi wisata indah di Indonesia.

Dihimpun oleh SUKSESINDONESIA, Selasa (20/12/2016) berikut 7 destinasi wisata Indonesia yang ada di uang pecahan rupiah kertas terbaru:

1. Raja Ampat, Papua Barat

uang-seratus-ribu-baru-indonesia

Di uang pecahan kertas nominal Rp.100 ribu, traveler akan melihat panorama Raja Ampat pada sisi belakang. Terdapat juga gambar seorang gadis penari topeng dengan bunga anggrek bulan di sisi kiri atas. Seperti, Raja Ampat di Papua Barat memang terdiri dari gugusan kepulaun karang yang menawarkan keindahan luar biasa.

Saat berkunjung ke Raja Ampat awal tahun 2016, Presiden Jokowi sempat menyebutnya sebagai surga kecil di tanah Papua. Untuk di sisi depan uang seratus ribu, tampak foto Bapak bangsa Soekarno di sisi kiri dan Moh Hatta pada sisi kanan. Warna uang juga masih didominasi oleh warna merah.

2. Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo

uang-lima-puluh-ribu-baru-indonesia

Di uang pecahan kertas nominal Rp.50 ribu, akan dijumpai panorama Taman Nasional Komodo di bagian belakang. Disertai seorang penari Legong dengan Bunga Jepun Bali. Taman Nasional Komodo di NTT dikenal sebagai lokasi dari reptil komodo yang hanya bisa dijumpai di Indonesia. Traveler juga bisa memasukinya dari Labuan Bajo. Sedangkan untuk tokoh pahlawannya, diisi oleh H Djuanda Kartawidjaja pada bagian depan uang kertas. Sekilas, desain dari uang pecahan kertas Rp 50 ribu baru ini memang tidak jauh beda dengan yang lama.

3. Derawan, Berau

uang-dua-puluh-ribu-baru-indonesia

Bagi traveler pecinta pantai, nama Derawan di Kalimantan Timur memang sudah cukup populer. Saking indahnya, Derawan juga dimasukkan dalam desain uang kertas pecahan Rp 20 ribu di bagian belakang. Bagi traveler yang belum tahu, Derawan merupakan kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau lainnya. Contohnya seperti Pulau Maratua dan Kakaban yang populer dengan ubur-ubur yang tidak berbisa. Sedangkan di sisi depan akan dijumpai foto pahlawan nasional, Dr. GSSJ Ratulangi atau lebih populer dengan nama Sam Ratulangi.

4. Taman Nasional Wakatobi

uang-sepuluh-puluh-ribu-baru-indonesia

Sebagai negara bahari, Indonesia mempunyai beragam destinasi wisata bawah laut yang menawan. Untuk uang kertas pecahan Rp 10 ribu, akan dijumpai Pulau Wakatobi yang populer dengan keindahan bawah lautnya. Wakatobi berlokasi di provinsi Sulawesi Tenggara dan terbagi atas empat pulau utama, yakni Pulau Wangi-wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko. Di halaman yang sama, juga didapati gambar bunga cempaka hutan kasar. Sedang di bagian depan, akan dijumpai tokoh pahlawan nasional Frans Kaisiepo yang berasal dari Biak di Papua. 

5. Bromo, Probolinggo

uang-lima-ribu-baru-indonesia

Menyebut nama Bromo, tentunya sudah tidak asing di telinga traveler. Gunung yang berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang sudah populer di kalangan wisatawan lokal hingga asing. Keindahannya pun semakin tampak jelas di bagian belakang uang kertas pecahan Rp 5.000 yang baru. Tampak pula penari Gambyong serta bunga sedap malam di lembar yang sama. Di bagian depan, tampak sosok pahlawan nasional KH Idham Chalid yang berasal dari Kalimantan Selatan.

6. Ngarai Sianok, Bukittinggi

uang-dua-ribu-baru-indonesia

Keindahan Pulau Sumatera juga turut dipromosikan melalui uang baru pecahan Rp 2.000 yang menampilkan Ngarai Sianok pada bagian belakang. Bagi anda yang belum tahu, Ngarai Sianok merupakan lembah indah yang membentang di perbatasan Bukittinggi. Di lembar yang sama juga didapati penari piring yang berasal dari Solok serta bunga bunging jeumpa atau bunga cempaka yang berasal dari Aceh. Pada lembar depan nampak sosok pahlawan nasional MH Thamrin yang berasal dari Sawah Besar di Jakarta.

7. Banda Naira, Maluku

uang-seribu-ribu-baru-indonesia

Terakhir uang pecahan baru Rp 1.000 yang menampilkan pulau Banda Naira di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Zaman dahulu, Pulau Banda Naira menjadi pusat perdagangan pala dan penghasil rempah yang bernilai tinggi. Di lembar yang sama juga terdapat penari tifa yang berasal dari Maluku dan Papua. Kemudian ada juga bunga anggrek larat yang berasal dari Maluku. Dan di bagian depan uang ada tokoh pahlawan nasional Tjut Meutia yang berasal dari Aceh.

Dikeluarkannya 11 desain uang baru oleh BI kemarin tentu memberi variasi yang menyegarkan. Di satu sisi, mengenalkan sejumlah detinasi wisata unggulan di Indonesia beserta bunga khas dan Pahlawan Nasional yang sering terlupakan. Anda sudah dapat uang baru? Jika belum segera menarik di ATM




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

Belum ada berita