Freelance SEO Content Writer Di Era Digital
Tanggal Posting : Jumat, 8 Desember 2017 | 13:53
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 279 Kali
Freelance SEO Content Writer Di Era Digital

SUKSESINDONESIA - Pada tulisan kali ini, saya ingin menceritakan kesibukan sebagai freelance content writer. Banyak Teman-teman yang menanyakan pekerjaan content writer itu seperti apa? Bagi anda yang telah bergelut di dunia kepenulisan era digital, pasti sudah paham content writer jenis pekerjaan apa. Tapi, bagi sebagian besar orang masih ada juga yang belum tahu content writer apa sih?

Ya, profesi sebagai freelance content writer merupakan pekerjaan menulis artikel SEO yang dibayar dari website professional milik perusahaan, perseorangan, organisasi, partai, tokoh politik, dll. Baik yang domisili di dalam maupun di luar negeri. Apalagi di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak perusahaan di luar negeri dan lokal yang memilih menggunakan jasa freelance content writer guna mengoptimalkan traffic kunjungan calon customer ke webiste milik perusahaan, baik yang bergerak di bidang jasa atau perdagangan barang. 

Untuk tarif pembayaran penulisan artikel, bedanya kalo perusahaan atau pribadi order ke saya, dihitung per jumlah artikel yang diorder. Bukan berdasarkan jumlah kata dalam artikel seperti yang kebanyakan diterapkan seorang content writer profesional, misalnya 200, 300, 500 hingga 1000 kata. Tapi saya tidak!

Nah jika ada yang menanyakan bagaimana akhirnya saya jadi seorang freelance content writer? Sebagai orang yang pernah bekerja di media khususnya di Kota Makassar, kadang saya merasa tidak puas dengan hasil editing para redaktur yang klien saya misalnya hotel memesan artikel untuk kepentingan iklan. Saya merasa lebih bisa dan lebih baik jika diminta menuliskan sebuah release atau artikel untuk kepentingan promosi klien saya demi peningkatan brand awareness produk sebuah perusahaan.

Apalagi saya orang yang sangat menyukai tantangan dan senang berproses untuk bidang yang baru. Di dunia tulis menulis, saya putuskan untuk jadi freelance content writer demi memuaskan keinginan dari klien-klien saya sewaktu masih bekerja di media karena mereka sangat concern pada impact dari artikel yang saya buat. Dan tentunya tidak mudah, jika sudah berdiri sendiri, karena dalam prosesnya saya harus bersaing dengan para senior content writer yang sudah duluan punya kredibilitas di dunia tulis menulis berita, dll. Tapi, selalu ada kepuasaan tersendiri saat artikel SEO yang saya tulis akhirnya sukses masuk di halaman 1 Google dan dibaca banyak orang dari seluruh Indonesia.

Bagaimana cara klien melakukan seleksi jika ingin merekrut seorang content writer? Lazimnya, saya diminta menuliskan dua artikel dengan dua topik atau topik yang sama termasuk keywords yang musti dicantumkan dalam artikel. 

Artikel dengan tujuan SEO memang berbasis di keywords yang biasanya juga sudah ditentukan klien. Tugas sayalah kemudian mengembangkannya jadi sebuah artikel SEO. Jadi, menulis dua artikel yang diminta berisi 500 kata, misalnya, sebenarnya tidak mudah. Karena seorang content writer juga tetap harus melakukan riset yang kadang memakan waktu dan lumayan memeras otak. Tapi jika anda sudah memutuskan menjadi seorang freelance content writer, anda harus menjadi orang yang tidak mudah menyerah.

Sehingga, bagi orang seperti saya yang memutuskan menekuni profesi freelance content writer ini, tiap harinya saya harus mengupgrade pengetahuan, termasuk melatih otak, dan fokus agar bisa berganti warna seperti bunglon. Maksudnya, berganti fokus seperti bunglon anda tidak bisa memilih topik sesuai kesukaan atau hobi. Saya diharuskan menulis topik yang sudah dipesan klien. Topiknya pun juga beragam, misalnya artikel tentang dunia kesehatan, destinasi wisata, otomotif, review smartphone, review laptop, politik, dsb. Jadi, fokus dan otak saya selalu siap berubah warna layaknya bunglon setiap harinya karena saya harus bisa menulis artikel yang panjangnya bisa sangat beragam, bahkan ada yang sampai 3000 kata setiap hari dengan pemilihan topik atau tema yang beragam.

Kemudian, sebagai freelance content writer yang professional, saya juga kadang melakukan riset informasi dan data tentang topik diminta dan yang akan saya tulis. Contohnya, beberapa hari lalu, ada klien dari perusahaan otomotif yang meminta dituliskan artikel SEO tentang “All New Toyota Rush Terbaru"” dan review ponsel merek Xiaomi. 

Saya sendiri belum pernah lihat Toyota Rush baru, dan tidak pakai smartphone Xiaomi, oleh karena itu, saya harus lakukan riset lebih dulu di Om Google untuk beberapa artikel yang kebetulan membahas tentang pemilihan topik itu. Dan di saat inilah, saya sebagai freelance content writer profesional dituntut menggunakan kecerdikan untuk memproses informasi yang sudah dikumpulkan melalui proses brainstorming dari beberapa artikel website yang saya baca. Nah jika saya ingin merangkumnya lagi, sebagai freelance content writer saya dituntut untuk ahli di bidang researching, reading, brainstorming, dan writing.

Adapun point paling penting bagi saya seorang penulis artikel yakni artikel yang saya tulis harus original bukan hasil jiplakan atau plagiat. Apalagi jika klien menggunakan teknologi copyscape yang dapat mendeteksi sebuah artikel yang saya tulis original atau masuk kategori plagiarism. Dan saya sangat tidak pernah main-main dengan masalah ini. Karena jika artikel yang saya tulis ternyata terdeteksi tidak lolos dari copyscape, maka sudah bisa dijamin, saya tidak akan dibayar bahkan tidak akan digunakan lagi jasanya, Aduhhhh!

Nah, untuk membedakan content writer yang bertugas untuk menulis artikel SEO bukan artikel biasa adalah artikel biasa tujuannya hanya memberi informasi pada pembaca atau customer. Sedangkan artikel SEO dimanfaatkan oleh pakar IT dalam memboosting website milik mereka agar masuk dalam rangking pertama mesin pencari Om google. Dengan demikian akan banyak pengunjung (calon customer) yang akhirnya membuka website tersebut dan tertarik untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan di website. 

Tugas content writer SEO seperti saya hanya membuat artikel berdasar topik dan keywords yang biasanya sudah ditentukan oleh klien.

Tertarik menggunakan jasa seorang freelance content writer???? Call me now 082187783610 (Tlp/SMS/WA) atau email abdi.hendra20@gmail.com




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait