DAFTAR BARANG KW PALING LARIS DIBELI KONSUMEN DI INDONESIA
Tanggal Posting : Selasa, 29 November 2016 | 19:39
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 366 Kali
DAFTAR BARANG KW PALING LARIS DIBELI KONSUMEN DI INDONESIA
WASPADA!!! BARANG PALSU BANYAK BEREDAR

Baru-baru ini, Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) merilis daftar barang-barang palsu yang paling banyak dibeli oleh konsumen Indonesia. Dan hasilnya sangat mengagetkan karena di luar ekspektasi saya sebagai konsumen.

Tercatat ada tujuh komoditas yang masuk di daftar teratas sebagai kategori barang palsu paling diburu di Indonesia. Untuk lima besar, konsumen wanita di Indonesia sebaiknya waspada karena ternyata kosmetik masuk daftar barang palsu yang banyak beredar di Indonesia dengan persentase di angka 12,6%. Disusul oleh software, selisihnya cukup signifikan hingga 33,5%. Dengan persentase sebesar itu, muncul pertanyaan apakah konsumen di Indonesia memang sengaja membelinya walaupun sudah mengetahui bahwa sofware itu palsu.

Di peringkat ketiga ada produk berbahan kulit dengan persentase mencapai 37,2%. Kemudian runner-up diisi oleh apparel, semisal Adidas, Nike, Reebok, dll, produk jenis ini mencapai 38,9% yang diburu oleh konsumen.

Sebagai juaranya ternyata adalah tinta printer yang jadi barang palsu paling diburu. Tak tanggung-tanggung persentasenya tembus 49,4%. Kelebihan tinta printer yang mudah direkondisi jadi alasan utama produk ini mudah dipalsukan. Di sisi lain, permintaan akan tinta printer yang murah juga jadi faktor yang tak kalah penting.

Akibat peredaran barang-barang palsu tersebut, Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan menerangkan kalau Indonesia telah mengalami kerugian hingga total Rp 65,1 triliun. Sedangkan kerugian yang dialami produk domestik yang terdampak mencapai Rp 34,1 triliun.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait