Bag 1; Bukti Nyata Pemerataan Pembangunan Di Kota Palopo
Tanggal Posting : Selasa, 13 Juni 2017 | 12:05
Oleh : Hendra Abdi - Dibaca : 692 Kali
Bag 1; Bukti Nyata Pemerataan Pembangunan Di Kota Palopo

SUKSESINDONESIA - Di tengah persaingan skala nasional dan global, Kota Palopo terus berbenah. Berbagai pembangunan terus direncanakan dan dilaksanakan dengan perawatan hasilnya secara berkelanjutan agar manfaatnya dapat terus dirasakan. Dengan adanya pembangunan akan mampu menarik investasi, lebih banyak lagi pembangunan dapat menarik investasi dalam skala lebih besar.

Membangun Palopo tidak hanya sekadar membangun sarana prasarana untuk bisa menggeliatkan kehidupan masyarakatnya. Melainkan juga penting untuk membangun masyarakat kota Palopo itu sendiri. Di zaman modernisasi, dan digitalisasi seperti saat sekarang ini, perlu pemimpin dengan pikiran yang terbuka, realistis, dan senantiasa selaras dengan kehidupan masyarakat dan kota Palopo.

Dengan dasar itu, tidak bisa dipungkiri selama dibawah pemerintahan Bapak HM Judas Amir terbentuklah enam unsur yang baik di masyarakat Palopo, seperti, otak (cerdas dan mampu menangani setiap masalah dengan baik), perut (kebutuhan makanan dan minuman terpenuhi dengan gizi yang baik), dompet (pendapatan cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan), kebahagiaan, iman, dan akhlak. Infrastruktur sebagai benda mati dibangun, sistem birokrasi juga dibangun, diperbaiki.

Sisanya? Mari kita bahas lebih lanjut Bukti Pembangunan di Kota Palopo, Simak terus dan selamat membaca.

Pedestrian Nyaman.
Pedestrian di Kota Palopo sudah berubah sangat total. Pemerintah Kota Palopo sangat berniat bisa menghidupkan kembali potensi ekonomi di Jalanan. Salah satu caranya dengan mempercantik kawasan pedestrian seperti di kawasan gedung saodenrae, depan SMAN 3 Palopo, SD Kompleks, dan beberapa titik lainnya. Lantai trotoar terbuat dari granit dan dilengkapi tiang lampu penerangan klasik. Tak hanya penampilannya, trotoar di kota Palopo juga diperluas. Banyak yang mengatakan, perluasan trotoar terkesan mempersempit badan jalan. Minimnya area parkir membuat kendaraan diparkir di samping jalan dan menghambat arus lalu lintas.

trotoar-malioboro-di-kota-palopo
Sumber; Dok.Spotsatu

Akan tetapi, sebenarnya pelebaran area trotoar sama sekali tak memakan badan jalan. Sebab, pada dasarnya, jalan tetap memiliki dua lajur. Hanya, posisi parkir kendaraan diubah menjadi dua titik, di kiri dan kanan jalan dengan posisi lurus. Jika semula, lokasi parkir hanya berada di kiri jalan dengan posisi miring.

Kemudian, ditemani cahaya lampu yang terang, dengan model unik, suasana di Kota Palopo serasa di Bandung dan Yogyakarta. Yah, siapa tak kenal dengan Jalan Asia Afrika, atau Malioboro di Yogyakarta? Nah, bagi kamu yang belum pernah ke sana, ke Kota Palopo saja, suasananya tak jauh beda di sini.

Pelan-pelan, pedestrian misalnya di seputaran Saodenrae hampir setiap hari ada kegiatan sekelompok anak muda dari berbagai latar belakang status bermain skateboard, membentuk kelompok kecil berdialog, ada juga yang bermain musik dengan gitar, foto-foto, semuanya terlihat tertib. Pastinya, suasana di kota Palopo sudah berubah dengan proyek pedestrian ini. Nongkrong tak perlu ada kursi atau lesehan sudah jadi ciri khas Pedestrian di kota Palopo.

Pengelolaan Raskin Terbaik.
Beras untuk keluarga miskin atau raskin di Kota Palopo diberi secara cuma-cuma atau gratis sejak awal tahun 2017. Sebelumnya, pembagian beras raskin untuk warga kota Palopo dibebankan biaya Rp 1.600 per kilo. Pembagian beras miskin (raskin) gratis didistribusikan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), dibawah arahan Wali kota Palopo, Judas Amir.

pengelolaan-raskin-terbaik-kota-palopoSumber; Dok.tribuntimur

Untuk diketahui, jumlah penerima raskin Kota Palopo sebanyak 6.788 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Alokasi alokasi raskin Kota Palopo sebanyak 15 Kg per Rumah Tangga Sasaran (RTS) per bulan selama 12 bulan atau 101.820 kg per RTS per tahun dengan jumlah beras 1.221.840 Kg.

Dan dengan kebijakan Bapak Judas Amir yang menggratiskan beras untuk sejahtera (rastra) atau yang dikenal dengan sebutan raskin diapresiasi dengan merebut penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Pemkot Palopo mendapat penghargaan dalam acara hasil seleksi penerima penghargaan dan apresiasi pelaksanaan raskin Provinsi Sulsel Tahun 2016, dan menerima piagam, plakat serta piala bergilir dalam kategori Penyaluran dan Peluasan HTR tercepat (lunas tanggal 9 Nopember 2016), Pengelolaan administrasi terbaik (penyelesaian MBA-1 Raskin 2016, tercepat tanggal 18 Oktober 2016) dan Keaktifan tikor daerah dalam kegiatan raskin. Penilaian ini berdasarkan keaktifan rapat, Monev, Kunjungan ke titik distribusi, keaktifan dengan tikor. Secara keseluruhan Pemkot Palopo mendapat 263 poin, Hebat!

Pembangunan jalan inspeksi.
Penataan infrastruktur permukiman telah dimulai Pemerintah Kota Palopo sejak awal tahun 2017 yang salah satunya adalah pembangunan jalan inspeksi di lingkungan RT 3 RW 1 Kelurahan Penggoli, Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Jalan sepanjang 357 meter dan lebar 4 meter tersebut dikerjakan oleh Kelmabag Keswadayaan Masyarakat (LKM) Insan Madani, Penggoli dengan anggaran sebesar Rp. 1 Milyar yang bersumber dari dana NUSP.

Tak hanya itu, di 2017 ini, Bapak Judas Amir sudah merencanakan dan melaksanakan pembangunan jalan di titik-titik seperti berikut:

  • Pembangunan Peningkatan Ruas Jalan Hasil Musrenbang se-Kota Palopo
  • Pembangunan Jalan Mungkajang
  • Perintisan Jalan RW 6 RT 2 dan RW 7 RT 1 Kelurahan Temalebba
  • Pembangunan Rabat Beton Jalan Pekuburan Islam Perumnas
  • Pembangunan Rabat Beton Jalan Tekukur dan Jalan Merpati IV Perumnas
  • Pembangunan Rabat Beton Jalan RW 4 Jembatan Gantung Siguntu Latuppa
  • Pembangunan Jalan Inspeksi Sungai Boting , Kelurahan Boting
  • Lanjutan Pembangunan Rabat Beton Lr Pa’kopian RW 4 RT 1 Kelurahan Battang
  • Pembangunan Pavin Blok RT 01 RW 06 Jl H Abd Kadir Daud
  • Pengerasan Jalan RT 5 RW 1 Kelurahan Pajalesang
  • Lanjutan Pembangunan Talud, Jalan Domba
  • Pengkerikilan Jalan Perbatsan Kelurahan Purangi
  • Lanjutan Pembangunan Talud Pembuangan Jalan TPI
  • Pengkrikilan Jalan RT 3 RW RW 3 Takkalala
  • Pengkerikilan Jalan RT 2 RW 1 Kelurahan Takkalala
  • Pembangunan Rabat Beton Lorong Inti Jaya, RW 6 RT 2 Kelurahan Tamarundung
  • Pembangunan Talud Belakang SD Maroangin
  • Pengkerikilan Jalan dan Proteksi Jalan Tani Tambak, Kel. Takkalala
  • Pembangunan Talud Jalan Salutete Kelurahan Maroangin
  • Pengkerikilan Jalan Te’pao RT4 RW 5 Kel Rampoang
  • Pembangunan Rabat Beton Lorong Kel Salobulo
  • Pembangunan/Rehab Drainase Jalan Cengkeh Kelurahan Temalebba
  • Pembangunan Rabat Beton Jalan RT 01 RW 02 Belakang Hotel Mulia, Kel Lagaligo
  • Pembangunan Rabat Beton Jalan Inspeksi Sungai RT 3 RW 5 Jl KHM Razak

Peresmian Rumah Pangan.
Beberapa waktu lalu, Wali kota Palopo, Judas Amir meresmikan Rumah Pangan di Jl Malaja, Kelurahan Suru Tanga, Kecamatan Wara Timur, Minggu (4/6/2017) siang. Rumah pangan merupakan salah satu program visioner Bapak walikota untuk membantu warga kota Palopo dengan menyediakan bahan kebutuhan pokok yang serba murah. Rumah pangan ini menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok antara lain, beras, mi instan, sirup, gula, susu, tepung terigu dan minyak.

Rumah pangan inisiatif Pemkot Palopo ini melayani warga mulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita. Dan hingga sekarang ini, Pemkot Palopo sudah memiliki total 10 rumah pangan yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Palopo.

Asuransi Untuk Nelayan.
Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo beberapa waktu lalu telah mengalokasikan asuransi kepada 1.504 nelayan Palopo dari target sekitar 3.000 nelayan dan sampai akhir tahun ini Bapak Judas Amir akan mengusahakan agar semua bisa dapat.

asuransi-nelayan-kota-palopo
Sumber; Dok.spotsatu

Program Asuransi untuk Nelayan ini dapat diklaim dengan nominal jumlah yang cukup tinggi mencapai kisaran Rp 200 juta. Tujuannya diberikan bagi nelayan yang meninggal baik di rumah apakah karena sakit, atau sebab yang lain. Tak hanya itu, asuransi ini juga bisa diklaim untuk rawat perawatan, dan diluar dari BPJS.

Untuk diketahui bagi nelayan yang ingin, mendaftar asuransi ini nelayan wajib memiliki kartu nelayan dan berdomisili di Kota Palopo.

Dulu, sekarang, dan nanti, Palopo akan terus berubah. Pembangunan yang terus berlangsung dibawah kepemimpinan Bapak HM Judas Amir dipercaya akan membuat Kota Palopo ini lebih baik dan lebih baik lagi di periode mendatang. Semua beliau lakukan demi kepentingan warga Palopo dan terlebih lagi Indonesia secara keseluruhan. Palopo sukses membangun, citra Sulawesi Selatan, bahkan Indonesia akan semakin berkilau di mata investor nasional dan internasional.

Kerja keras pemerintah kota Palopo dan dukungan warga selama ini menjadikan semuanya terlaksana dengan baik. Bagaimana caranya? Tetap dukung Bapak Judas Amir dan segenap jajarannya dan sampaikan aspirasi, pemerintah memilah, memilih, dan melaksanakan pembangunan yang harus dan tepat untuk dilakukan. Masyarakat Palopo menggunakan dengan bijaksana dan merawat kondisinya. Pemerintah kota Palopo akan melakukan pemeliharaan berdasarkan standar yang ada, begitu seterusnya. Bersambung.




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait