ANDA PENGGEMAR ROSSI, WAJIB TAU YANG SATU INI
Tanggal Posting : Sabtu, 3 Oktober 2015 | 10:19
Oleh : Admin Sukses - Dibaca : 4364 Kali
ANDA PENGGEMAR ROSSI, WAJIB TAU YANG SATU INI
Valentino Rossi

SUKSESINDONESIA.COM - Pebalap MotoGP Valentino Rossi, yang saat ini tengah memimpin klasemen, terkenal memiliki kepribadian yang unik dan selera humor yang sangat tinggi. Selain kerap melakukan perayaan kemenangan dengan cara yang tidak biasa, Rossi juga memiliki kebiasaan menghias helmnya dengan gambar-gambar nan rancak.

The Doctor, begitu Rossi dijuluki, memiliki tradisi untuk mengenakan helm berdesain baru saat berlomba pada seri MotoGP yang diselenggarakan di tanah kelahirannya, Italia. Selain itu, pada saat-saat khusus dan kadang tak terduga, ia juga mengecat corak dan gambar tertentu pada alat pelindung kepala itu.

Pebalap berusia 36 tahun itu seperti mencoba membagi isi hatinya kepada para penonton melalui corak dan gambar tersebut.

Berikut adalah beberapa desain helm yang pernah dikenakan Rossi saat berpacu melawan para pesaingnya.

The Face

The Face

Helm terkenal ini dikenakan Rossi pada Grand Prix Italia 2008 di Mugello, yang menjadi kandang dan tempat istimewa baginya. Rossi adalah raja Mugello dengan rekor tujuh kemenangan beruntun.

Desainer Aldo Drudi dipercaya merancang helm AGV dengan gambar wajah The Doctor. Menampilkan ekspresi yang sangat gembira atau terkejut, yang Rossi percaya akan memberikan fans rasa bagaimana rasanya naik Yamaha M1 di sirkuit Mugello yang bergelombang dengan kecepatan 320 km/jam. Wajah Rossi yang terpampang di bagian atas helm sehingga sangat terlihat ketika ia menunduk.

"Ini bukan gambar, itu adalah gambaran nyata dari wajahku saat mengerem motor pada akhir trek lurus di sini dan saya pikir itu sangat lucu!" kata Rossi seperti dikutip Champions Helmet.

The Chicken

Helm The Chicken

Helm AGV jenis K3 bergambar Ayam ini adalah salah satu dari desain helm milik Rossi yang paling terkenal. The Chicken dipakai oleh The Doctor untuk merayakan gelar juara dunia yang kesembilan sepanjang karirnya, atau gelar ketujuhnya di kelas premier, usai menaklukkan Sirkuit Sepang di MotoGP Malaysia pada 2009.

Menurut Twowheelsblog desain helm bergambar kartun ayam dengan sebuah telur bertuliskan angka 9 dan didesain oleh Aldo Drudi itu merupakan lelucon akan usia Rossi (saat itu 31 tahun) dan mengacu pada pepetah tua italia "Gallina Vecchia fa buon brodo" yang berarti ayam tua menghasilkan kaldu yang baik, tapi tidak bertelur. Tetapi ternyata dalam usianya Rossi malah "menelurkan" gelar juara dunia yang kesembilan.

Wake-up Rossi

Rossi dengan helm berdesain alarm jam

Helm yang dikenakan oleh Rossi pada MotoGP San Marino di Misano, Italia, pada 2010 ini menampilkan gambar jam alarm raksasa dengan tulisan "DRRR!" (menandakan bunyi alarm). Desain ini memiliki arti sudah waktunya bagi Rossi untuk bangkit dan merebut kemenangan kembali setelah absen pada empat GP sebelumnya karena patah kaki.

"Helm adalah lelucon tentang ketepatan waktu saya. Kami telah menempatkan sebuah jam besar di atasnya dengan helm berbeda menunjukkan waktu yang tepat untuk setiap sesi sehingga saya memastikan bahwa saya datang tepat waktu!" ujar Rossi seperti ditulis Championhelmet.com.

Desain belakang helm menampilkan bendera Italia, puncak kota kelahirannya Tavullia, dan dua bulldog miliknya. Matahari dan bulan juga tak lepas dari gambar di sisi helm.

The Turtle

Helm The Turtle

Sejatinya rancangan helm ini menjadi perlambang kebangkitan Rossi di musim balap 2013, namun sayang saat mengenakan helm itu di GP Mugello, ia kandas di lap awal karena terjatuh setelah bersenggolan dengan Alvaro Bautista.

Selain itu, gambar kura-kura yang dirancang Aldo Drudi pada helm AGV Pista GP ini juga sebagai sebuah lelucon akan betapa lambatnya Rossi pada musim 2013 itu. Rossi, sang kura-kura, kesulitan mengejar Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan rekan setimnya Jorge Lorenzo, tiga pebalap yang juga dilukiskan pada helm ini.

Kura-kura juga merupakan maskot pertama yang digunakan Rossi saat ia masih kecil dan mengikuti balap minimotos. Saking berartinya, Rossi juga mentato pahanya dengan gambar kura-kura tersebut lengkap dengan No. 46 pada cangkangnya.

Special Home

Valentino Rossi mengenakan helm

Menjalani musim balap 2014 di rumahnya pada MotoGP San Marino di Misano, Rossi kembali mengenakan helm dengan gambar yang unik. Ia menjulukinya "Special Home" atau rumah istimewa.

Sirkuit yang terletak hanya beberapa kilometer dari rumahnya kota Tavullia, Italia, memiliki arti khusus bagi Rossi, baik karena fans, suasana yang akrab, serta tempat ia menang untuk pertama kalinya di kancah profesional.

Selain gambar, pada bagian dagu helm karbon berjenis Pista GP ini Rossi juga merangkai kata-kata "Misano ci da una mano", yang berarti "Misano membantu Anda".

Motogp.com menuliskan bahwa Rossi merasa dasi dekat dengan tanah airnya itu, sehingga tanpa ragu ia memutuskan untuk memasukkan unsur-unsur khas lingkungan aslinya dalam corak desain helmnya.

Helm ini ditandai dengan latar belakang biru dan warna-warna cerah, serta cetakan beberapa tanda yang unik. Salah satunya termasuk cetakan tangan mekanik dari tim Movistar Yamaha MotoGP, cetakan anjing tercinta Cesare dan Cecilia, bersama kucing merah bernama Rossano, cap bibir wanita-wanita dalam hidupnya --sang ibu Stefania dan pacarnya Linda--, serta cap tangan sobat karibnya yang juga desainer kondang, Aldo Drudi.

Winter test

Helm Winter Test

Lagi-lagi Rossi menunjukkan rasa humornya. Tes pertama menjelang MotoGP musim 2015, yang bernama resmi winter test (tes di musim dingin), dimulai di Sirkuit Sepang, Malaysia, sebuah negara yang sama sekali tidak bercuaca dingin. Tapi Rossi datang ke sirkuit untuk mengikuti tes itu dengan mengenakan topi musim dingin lengkap dengan hiasan rusa salju, butiran salju dan pohon yang tertutupi salju. Setelah berfoto dengan rekan-rekannya, Rossi kemudian masuk ke sirkuit untuk menguji motornya dengan mengenakan helm bermotif butiran salju untuk mengejek cuaca tropis di Malaysia.

The Mirror

Helm The Mirror

Laga kandang Valentino Rossi di MotoGP Mugello tahun ini juga memberikan cerita menarik pada desain helmnya. Helm yang dijuluki "The Mirror" tersebut seolah ingin merefleksikan para penggemarnya yang memadati sirkuit tersebut untuk mendukung dirinya.

Desain yang digarap oleh sohibnya Aldo Drudi tersebut dituliskan Crash.net juga menceritakan sisi lain dari sosok The Doctor yang digambarkan dalam betuk barisan warna pada bagian belakang helm. Ada beberapa warna yang melambangkan tingkat energi, mulai dari merah terang untuk latihan bebas dan bergerak sampai ke tingkat maksimum kuning, warna favorit Rossi.

Tak tertinggal di sebelah kanan terdapat nomor legendaris "46", dikombinasikan dengan ikon "daur ulang" dan tulisan "Renewable Energy" (Energi Terbarukan) terpampang jelas. Pada bagian kiri helm, tulisan "Yellow Energi" dapat dibaca jelas dan gambar jejak kaki kucing milik Rossi, Rossano dan anjing-anjingnya Cesare dan Camilla. Pada bagian dagu ada corak yang menggambarkan panel surya biru sebagai lambang energi lebih untuk Rossi.

Via! Via! Via!

Via !Via !Via !

Pada MotoGP San Marino, 13 September lalu, Rossi kembali memperkenalkan helm yang bercorak unik. Ada gambar seekor ikan kecil yang mencoba kabur dari kejaran hiu besar di bagian atas hingga depan dan terdapat tulisan Via! Via! Via! (Kabur! Kabur! Kabur!) di sisi kanan dan kiri helm.

Saat itu Rossi tengah menempati puncak klasemen pebalap dan unggul 12 poin dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo, sehingga banyak yang menebak bahwa hiu pada helm itu adalah Lorenzo. Namun Rossi membantahnya.

"Hiu itu bukan hanya Jorge (Lorenzo)," kata Rossi seperti dikutip CycleNews. "Kalau itu dia maka kami akan menggambar 99 (nomor Lorenzo) dan segala sesuatunya. Idenya karena saya menang di sini tahun lalu dan ini adalah rumah saya sehingga semua orang ingin memburu saya, memakan saya."

"Saya adalah ikan kecil di depan yang mencoba kabur, mencoba menyelamatkan diri, dan hiu besar itu adalah semua pesaing saya --Jorge, Marc [Marquez], Dani [Pedrosa], dan juga para pebalap Ducati -- semua orang yang ingin mencoba mengalahkan saya pada grand prix di rumah saya besok," tambahnya. Lorenzo menyatakan dia tidak keberatan menjadi sang hiu.

"Saya tidak mirip hiu karena gigi saya lebih rata," canda Lorenzo. "Tetapi kalau disuruh memilih saya lebih ingin menjadi hiu daripada ikan kecil itu. Namun ikan itu memiliki lebih banyak poin, jadi saya ingin menjadi hiu yang memiliki poin sebanyak ikan."

Seperti biasa, desain helm yang digarap oleh Aldo Drudi itu juga menampilkan rincian khas Rossi lainnya. Ada No. 46 dan No. 58 (nomor yang digunakan Marco Simoncelli, pebalap MotoGP dan sahabat Rossi yang telah wafat). Juga ada gambar ketiga binatang kesayangan Rossi --anjing Cecilia dan Cesare serta kucing Rossano-- di bagian belakang helm. Ketiga hewan itu digambarkan mengenakan peralatan menyelam, sesuai dengan tema helm, yakni berada di dalam air.

Pembalap-pembalap di Indonesia juga bisa sukses seperti Valentino Rossi. Kreatif lah tuk inspirasi balapan kalian. Sukses Indonesia




Silahkan Beri Komentar Anda

Berita Terkait

Belum ada berita